TANJUNG RRDEB - Pemerintah kabupaten Berau bekerja sama Komdigi melaksanakan sosialisasi layanan nomor panggilan darurat 112, Rabu (4/12/2024) di Ruang Rapat Kakaban. Kegiatan dibuka oleh Asisten III Setda Berau, Maulidiyah.
Kepala Diskominfo Berau, Didi Rahmadi menyampaikan, call center 112 merupakan layanan Kementerian Komunikasi dan Digital. Yang telah berjalan sejak tahun 2016. Layanan ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terhadap keadaan darurat yang terjadi di sekitarnya.
"Melalui kegiatan ini kami harapkan bisa memberikan informasi kepada perangkat daerah untuk memanfaatkan layanan ini bagi panggilan kedaruratan yang terjadi," ujarnya.
Ia juga mengatakan Diskominfo akan melakukan koordinasi antar instansi. Agar layanan ini bisa berjalan optimal. "Panggilan ini bersifat gratis dengan jam operasional mulai setengah 8 sampai 23.30. OPD juga harus siapkan operator layanan," katanya.
Sementara Maulidiyah mendorong agar layanan darurat ini dapat berjalan secara optimal. Karena tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat terkait kondisi gawat darurat, mulai dari kesehatan, sosial hingga kriminalitas. "Layanan ini kan memudahkan masyarakat. Dan ini harus menjadi perhatian bersama. Sehingga layanan ini bisa cepat dieksekusi," tegasnya.
Ia pun meminta agar peserta yang hadir bisa mengikuti kegiatan ini hingga selesai. Sehingga teknis pelaksanaannya bisa berjalan secara efektif. "Secara teknis panggilan darurat ini akan diteruskan ke operator instansi terkait. Jadi operator harus selalu bersiap menerima panggilan darurat ini," pungkasnya. (SAM/Prokopim)